Terbaru

Tautan ramah

CamScanner Menguntungkan Guru dan Murid dalam Edukasi Online

01-30    

Kini, dengan maraknya Covid-19, pembelajaran online menjadi hal yang umum sebagai metode pembelajaran yang baru. Edukasi online membuat banyaknya aplikasi yang muncul untuk menambah efisiensi pengajaran dan pembelajaran online. Di antara semua alat digital ini, CamScanner unggul dari yang lain karena fungsi praktis nya. Populer karena alat memindai yang mudah, CamScanner perlahan demi perlahan menjadi aplikasi wajib untuk para guru dan murid. Bagaimana CamScanner bisa membantu edukasi online? Ada beberapa fakta untuk menjelaskannya.

 

Pembuatan perangkat mengajar multimedia yang mudah

Saat tugas mengajar pindah dari ruangan kelas ke kelas online, hal yang paling ditakutkan oleh guru dan profesor adalah bagaimana caranya untuk mengubah buku fisik menjadi materi digital. Untuk materi kertas yang banyak, jika diketik atau dipindai secara satu persatu akan sangat lama.CamScanner bisa membantu untuk membuat proses ini lebih praktis. Aplikasi inovatif ini akan mengubah ponsel anda menjadi pemindai multifungsi yang bisa memindai secara cepat dan jelas. Para guru bisa memindai dan mengambil informasi dari buku tulis lalu menyimpannya dalam bentuk PDF atau gambar, yang konvensional untuk persiapan presentasi PowerPoint.

Pengajaran Online yang Efektif

Pengajar pasti akan mendapatkan banyak email dari murid-muridnya selama kelas online berlangsung. Dan mereka harus membalas email mereka satu persatu dan mengembalikan tugas yang mungkin tidak jelas karena pencahayaan yang kurang. Dengan menggunakan aplikasi seperti CamScanner, guru bisa membagikan tugasnya secara digital daripada di print, dinilai, dan dikirim ke murid satu persatu. Dengan teknologi AI, CamScanner bukan hanya bisa mengoptimalkan kualitas visual yang murid potret, CamScanner juga bisa menambahkan komentar langsung di PDF dan Gambar, membuat para guru lebih efisien.

Dan, guru dan murid bisa mengunggah filenya langsung ke penyimpanan awan (cloud) seperti Evernote, OneDrive, Google Drive, OneNote, dan Dropbox untuk membagikan tugasnya ke murid secara serentak. Jika materinya bersifat pribadi, file itu bisa dikirim dengan menekan tombol "Bagikan" dan mengirimnya melalui Email, Line, Whatsapp, atau aplikasi pesan lainnya.

 

Membuat tanda tangan digital dengan mudah

Dalam beberapa situasi, pengajar harus menambahkan tanda tangan mereka ke kertas kerja atau perangkat ajar. CamScanner dengan fitur tanda tangan PDF bisa menyelesaikan masalah itu dengan mudah. Setelah memindai dokumennya, tanda tangan itu bisa ditambahkan langsung ke dokumen tersebut. 

Bagaimana cara membuat tanda tangan digital pribadi dengan mudah? Yaitu dengan tanda tangan di kertas, lalu memindainya menggunakan CamScanner, dan menyimpannya di aplikasi sebagai tanda tangan yang eksklusif. Oh iya satu lagi, tanda tangan digital adalah fitur yang hanya bisa diakses oleh akun premium yang menyediakan lebih banyak fungsi dari akun standar.

 

Pengunggahan tugas mudah

Selain para guru, murid juga mendapat keuntungan dari kemudahan CamScanner. Banyak kelas seperti kelas seni dan desain yang mengharuskan muridnya untuk mengunggah tugas yang di tulis tangan atau 3D. Walaupun mereka bisa mengambil fotonya menggunakan ponsel mereka dan mengunggah foto tersebut, tugas digital tersebut akan menjadi lebih baik dengan kualitas yang lebih tinggi dan efek visual yang mantap jika dibuat dengan format PDF atau JPG. CamScanner akan mengoptimalkan setiap gambar dengan cerdas dalam proses pemindaian dan bisa menggabungkan beberapa halaman tugasnya menjadi satu PDF, yang membuat kualitas tugas digital tersebut lebih baik.

 

Alat Pembelajaran Online Bermanfaat

Pelajar modern sudah terbiasa untuk menulis catatan mereka di laptop bahkan di ruangan kelas. Tapi dengan pembelajaran online, mereka harus menggunakan laptop untuk melihat gurunya. Kembali ke cara lama adalah hal yang rumit untuk menulis tangan semua catatan, susah untuk mengikuti proses pembelajaran di papan tulis atau konten presentasinya.

Banyak orang yang ingin mendigitalisasikan konten di PowerPoint atau papan tulis sebagai pengganti catatan di laptop. Untuk itu, CamScanner bisa membuat catatan sempurna yang mencantumkan semua konten penting untuk dicatat.

Dengan OCR (Optical Character Recognition), CamScanner bisa mengekstrak kalimat dengan akurat dan mengekspor nya ke bentuk .txt atau .pdf. CamScanner juga bisa memindai lebih dari satu halaman sekaligus, meningkatkan efisiensi pembelajaran online secara maksimal.

Dan, aplikasi pemindai dokumen ini menawarkan fungsi menyunting yang membantu murid bisa menambahkan notasi di catatan digital, sama halnya seperti menulis tangan di catatan.

 

Penyimpanan permanen untuk materi pembelajaran

Di kelas berbasis online, murid-murid harus mengecilkan laman atau keluar dari aplikasi meeting apabila mereka ingin mencari materi pembelajaran, yang bisa mengganggu kelas online. Apalagi kalau mereka tidak sengaja menghapus materinya.

CamScanner menawarkan penyimpanan awan (cloud) untuk menyimpan berkas secara permanen. Para murid bisa memeriksa catatan dan materi mereka kapanpun di ponsel mereka, dan belajar pun menjadi lebih mudah.

Dengan meningkatnya popularitas pembelajaran online, teknologi akan terus membuat fasilitas dan metode baru untuk pembelajaran. Dan CamScanner sebagai aplikasi manajemen dokumen telah berkontribusi dalam mempelopori edukasi online dengan teknologi canggihnya. CamScanner akan terus meningkatkan dan memperbanyak fiturnya untuk membantu para guru dan murid di segala penjuru dunia.

Penafian: Artikel ini direproduksi dari media lain. Tujuan pencetakan ulang adalah untuk menyampaikan lebih banyak informasi. Ini tidak berarti bahwa situs web ini setuju dengan pandangannya dan bertanggung jawab atas keasliannya, dan tidak memikul tanggung jawab hukum apa pun. Semua sumber daya di situs ini dikumpulkan di Internet. Tujuan berbagi hanya untuk pembelajaran dan referensi semua orang. Jika ada pelanggaran hak cipta atau kekayaan intelektual, silakan tinggalkan pesan kepada kami.
Kembali ke atas
© Hak Cipta 2009-2020 Masyarakat Ekonomi Indonesia      Hubungi kami   SiteMap